Cara Copy Video Youtube

image

Siapa yang tidak tahu Youtube? situs ini terkenal karena menyediakan fasilitas memamerkan video yang telah dibuat ke masyarakat umum. saya sendiri adalah seorang penikmat youtube, meski jarang sekali saya mengakses youtube.

bagaimana cara menyimpan video yang telah ditonton tanpa harus mendownloadnya (tanpa menggunakan pihak ketiga semacam downloader atau penyedia jasa download youtube)?

cara ini saya praktekkan dengan menggunakan windows XP, mozilla firefox, K-Lite (media player classic) dan windows explorer. kondisi yang saya terapkan pada windows adalah show hide files and folder, show windows files and folders, show extension. sedangkan pada firefox, saya menerapkan aturan standar (meskipun saya mempunyai banyak plugin atau extensions yang terinstall dalam firefox saya) dimana cache, history, dan lainnya tidak dihapus pada saat keluar firefox.

hal yang harus diperhatikan antara lain :

  1. Anda harus yakin bahwa anda dapat mengakses (baik yang dapat dilihat maupun yang terhidden) semua file dan folder windows anda. terutama document and setting pada drive tempat anda menginstall windows XP.
  2. Anda harus yakin bahwa firefox anda mampu terhubung ke Internet, dan anda menggunakan firefox sebagai browser anda.
  3. Anda harus yakin bahwa K-lite (atau pemutar video kesayangan anda) mampu memutar file tanpa extensi, dan diusahakan anda memakai versi terbaru. saya memakai versi 6.4.9.1 image
  4. Anda sedang atau menonton video yang akan anda salin ke komputer anda.
  5. Anda sedang tidak tergesa-gesa atau ingin menonton tanpa streaming.

caranya adalah sebagai berikut :

  1. tonton video dengan youtube. disarankan hanya satu video yang dijalankan. clear cache disarankan dilakukan terlebih dahulu. (untuk memudahkan saja).tutorial1 gambar diatas adalah screenshoot windows saya, setelah cache firefox dibersihkan
  2. masuk ke firefox, masukkan alamat video youtube yang diinginkan. dalam tutorial ini, saya memakai contoh video dibawah ini,
  3. tonton video sampai habis, dan jangan menutup video anda terlebih dahulu. image
  4. masuk ke C:\Documents and Settings\USER ANDA\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\rkjn2tt8.default\Cache                             Isikan USER ANDA dengan user yang sedang log on. saya tidak tahu nama tepatnya. misal, jika saya login dengan nama Djoko, maka saya perlu mengganti USER ANDA dengan Djoko. untuk yang bercetak miring dan tebal (rkjn2tt8.default) saya tidak tahu apakah sama di setiap komputer. Yang pasti, anda harus ke Local Setting- Application Data -  Mozilla – Firefox – Profiles – dan cari dimana folder cache berada.tutorial2contohnya adalah seperti screenshot di atas. 
  5. setelah itu, carilah file dengan ukuran terbesar. dari gambar diatas, maka diperoleh bahwa ukuran terbesar adalah file bernama 5E71C476d01 dengan ukuran file sebesar 3.976 KB. kita dapat menemukannya dengan cara sortir berdasarkan ukuran.
  6. untuk memastikan bahwa itu adalah video yang kita inginkan, buka K-lite (windows Media classic), dan drag drop file bernama 5E71C476d01 langsung ke atas K-lite (Media Player classic) imageika keluar video yang sesuai dengan kita inginkan (maaf, video susah di capture screenshotnya), maka file tersebut benar merupakan video dan dapat dicopy.
  7. setelah didapatkan file yang benar, maka file tersebut dapat kita salin ke direktori (folder) yang kita inginkan.
  8. jangan lupa untuk rename (memberi nama kembali) dan menambahkan extension .flv. tetapi, bagi anda yang suka drag n drop, rename tidak perlu dilakukan. (saya test dengan menggunakan Media Player Classic).

Kegiatan ini masih sering saya lakukan hingga sekarang dan dapat diterapkan pada situs yang menyediakan video atau streaming. sehingga, jika tidak ada fasilitas download atau kesulitan mendownload, anda hanya perlu melihat cache dari firefox. anda cukup bersabar, dan menyediakan Media Player Classic sebagai tester video.

pemanfaatan cache tidak hanya itu saja, anda dapat melihat kembali file yang telah anda lihat pada firefox (studi kasus www.onemanga.com), hanya saja perlu ketelitian yang lebih untuk mengetahui file mana yang dapat dilihat kembali.

perlu diingat, bahwa file yang digunakan adalah file yang tidak ada kata “_CACHE_ “ karena file tersebut gagal saya buka dengan Media Player Classic.

sementara, saya masih mencoba dengan menggunakan firefox. browser yang lain mungkin memiliki cara yang berbeda-beda. tetapi hipotesis saya, untuk mendapatkan video, cara yang sama pada firefox dapat diterapkan dengan menggunakan browser lain.

Keunggulan metode ini :

  1. TIdak memerlukan program downloader (semacam IDM, Downthemall, atau downloader lainnya)
  2. Tidak memerlukan Situs lain kecuali youtube (atau situs video yang diinginkan)
  3. Dapat diterapkan pada situs lain yang tidak dapat digunakan dengan software atau situs pihak ketiga.
  4. murah (karena tidak perlu software berbayar)
  5. dapat diterapkan pada komputer yang hanya tersedia browser firefox (tentunya dengan program lain yang terinstal)
  6. tidak membebani hardisk (hardisk tidak penuh) lantaran tidak menginstall software lain)

tentu saja masih ada kelemahan dari metode ini, antara lain :

  1. Perlu Kesabaran untuk melaksanakannya.
  2. ribed, karena harus membuka situsnya terlebih dahulu, dan membuka windows explorer.
  3. lama, karena harus menonton video terlebih dahulu (kecuali koneksi anda cepat)
  4. perlu menamai lagi file yang telah disalin.
About these ads

5 responses to “Cara Copy Video Youtube

  1. kelemahannya gk bisa ditinggalin tuh streamingnya
    hasilnya, bandwidth ksedot bwt nonton video nya :D

    lebih optimal pake IDM versi terbaru (yang saya pake 15.6)
    udah ada fasilitas download dari situs macem youtube, gk perlu mirrorring lagi :D
    n yg pastinya download bs lebih teratur, klo mang lagi snggang (tdk terburu2 dan mmbuthkan bandwidth untuk hal lain) bisa mulai donlot, tp klo lagi pgn make bwt yg laen dulu (nyari bahan kuliah ato pesbukan) bisa di pause dulu deh pake IDM nyah :D

    CMIIW

  2. wekekkee,,,
    betul ga,,
    bandwidth bakal kesedot hanya utk yutub bila pake cara diatas. tp udah disebutin kalo user tidak tergesa2,, wkekeke,,,

  3. ku’ kelihatnnya mulek t ??

  4. gmn cara copy video ke explorer di komputer sy

  5. gmn sich cranyag mudeng nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s