Desktop Blogging Tool

Image Kemarin malam, saya mencoba untuk mencari blogging tool yang dapat digunakan untuk mengirimkan postingan melalui koneksi internet saya yang terbatas (GPRS). beberapa tool yang sudah saya download adalah BlogDesk, RocketPostBasic, Bleezer, Qumana, zRaven, wbloggar-portable, ScribeFire, dan BlogJet. Salah satu program yang saya donlot adalah Flok, yang mungkin berbeda dengan apa yang saya inginkan.

tulisan ini saya buat dengan menggunakan BlogDesk versi 2.8 yang dikembangkan oleh Johannes Oppermann. anda dapat download program ini di situs BlogDesk . keterangan mengenai program tersebut dapat anda temukan di situs tersebut.

pertama kali saya jalankan program ini, hanya muncul layar yang sederhana. tampilannya pun kurang begitu menarik, berbeda dengan windows live writer yang sudah sering saya gunakan. dengan kata lain, memakai program ini jadi merasa menggunakan software jadul.

tapi, dont jugde the book from it’s cover. pepatah tersebut berlaku tidak hanya untuk buku saja, tapi juga berlaku untuk semua hal, salah satunya adalah ini.

pertama kali yang diilakukan adalah memasukkan gambar ke dalam postingan agar menjadi sedikit menarik. cara ini dapat dilakukan dengan menekan tombol image yang terdapat pada toolbar, yaitu tombol kelima dari kiri. jika malas menghitung, lihat saja tombol berwarna dominan biru muda dan hijau tua.

sebelumnya, saya mengambil gambar (screenshoot) dari BlogDesk yang sudah dijalankan. saya melakukannya hanya dengan menggunakan tombol fn+Alt+Prt Sc yang ditekan secara bersamaan. kemudian, dengan menekan tombol panah kecil hitam disamping insert picture pada Blogdesk dan memilih insert from clipboard . beberapa fitur yang ada pada BlogDesk ini adalah kemampuan membuat Thumbnail, resize ukuran secara otomatis, dan membuat effect seperti gambar utama.

Image

sayangnya, pada BlogDesk ini saya tidak menjumpai tombol untuk memasukkan read more. selain itu, untuk memasukkan tag memerlukan langkah yang tidak otomatis. berbeda dengan windows live writer yang hanya tekan sekali tombol, dan untuk memasukkan tag hanya perlu menulis di bawah layar utama.

overall, program ini sudah cukup bagus untuk bisa digunakan sebagai desktop blogging tool. tetapi, masih belum memenuhi kebutuhan sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Leave a Reply

