501 Method Not Implement

image

sudah seringkali saya mendapatkan hasil seperti ini ketika mengakses sebuah situs (terutama http://planet.ugm.ac.id dan http://acadstaff.ugm.ac.id). padahal jika dengan menggunakan browser lain tidak terjadi hal seperti tersebut.

semua hal yang memungkinkan sudah saya coba mulai dari searching google mengenai penyebabnya, alasannya, etc. tapi, hasilnya tetap nihil dan mengarah ke problem pada server.

akhirnya, dengan segala kemampuan yang saya miliki, berakhirlah penderitaan saya. ternyata problemnya sepele, dan sudah saya duga sebelumnya. tapi, entah ini benar atau salah, saya tetap Alhamdulillah bisa melanjutkan browsing dengan firefox tercinta.

hal yang pertama saya lakukan adalah mematikan semua pengaya yang saya punya. sedih juga sih, tidak bisa mendownload dan mengakses dengan kecepatan penuh seperti sedia kala. tetapi, hasilnya tidak memuaskan. tetap saja keluar error method not implement.

uji coba kedua adalah dengan menghapus pengaya tersebut dari firefox. pikiran bodoh saya menganggap bahwa masih ada hubungan dengan pengaya yang ada pada firefox meski sudah dimatikan. tapi tetap saja gagal dan menunjukkan error method not implement.

uji coba ketiga adalah instal ulang firefox. ini adalah cara bodoh saya yang ketiga, yang juga sering saya lakukan jika salah satu program dalam komputer saya tidak bekerja dengan baik. instal ulang dengan update terbaru masih gagal.

Uji Coba keempat adalah mendownload firefox bahasa inggris. hal ini karena default setting pada laptop saya adalah bahasa Indonesia. jadi pada saat mendownload firefox, yang terunduh adalah firefox bahasa Indonesia.

unduh berjalan dengan lama, dengan beberapa gangguan putusnya koneksi internet saya. putus-nyambung-putus-nyambung dan akhirnya 100% terdownload. kemudian Installer Firefox En saya instal, dan foila,, semua berubah jadi bahasa Inggris.

Test alamat http://acadstaff.ugm.ac.id, dan dengan perasaan Alhamdulillah saya kepada Allah SWT yang menciptakan manusia dengan segala isinya, sukses melewatinya.

kesimpulan bodoh saya, Firefox edisi Bahasa Indonesia masih terdapat bug sehingga tidak dapat mengakses situs tertentu, sehingga saya sarankan kepada pengguna firefox bahasa Indonesia untuk segera mengganti firefoxnya dengan yang berbahasa Inggris.

6 responses to “501 Method Not Implement

  1. wah berarti mesti instal ulang nih, punya saya juga ngalamin masalah yang sama pake firefox berbahasa indonesia

  2. Bukan mas, bukan bug di Firefox. Bugnya di http servernya😀 Kalau boleh, saya minta tolong konfigurasi apache-nya dikirim japri ya, saya mau trace bugnya di mana

    Thanks

  3. Jelas2 bug di firefox nya. Soalnya pake ff versi lain bisa😛

  4. @alby, this is bug is related to the user agent string that Firefox sent to webserver.
    Some webservers have complex configuration resulting an HTTP Error 501 sent to the browser *if* the browser sent useragent string that contains ” id ” on it. So it is up to the webmaster whether they want to apply their rules or not.

  5. Sebenere lek, iki disebapake modsecurity kang ono ing apache.
    Dening modsecurity useragent ingkang mengandung string “id” niku lho sing dadekake masalah 501 method not implemented.
    Wonten coro ingkang aluweh gampil, inggeh meniku kanthi ketik “about:config”
    ucali lan ganti sing asale id dados jv.
    Jv meniko basa jawi.
    Luweh bagus kangge tiyang ingkang sampun sepuh.
    Ngoten mawon,
    Matursuwun.

Leave a Reply

