Qumana, Another Desktop Blogging Tool

Setelah menggunakan BlogDesk sebagai blog editor dan mengulasnya sedikit, kali ini saya akan mencoba menggunakan Qumana sebagai desktop blogging dan mengulas apa yang saya dapatkan dengannya.

seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, BlogDesk merupakan desktop blogging tool yang gratis, memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan, serta memiliki feature yang cukup menarik untuk memasukkan gambar di artikel. BlogDesk dapat diunduh di situs resminya. tapi, saya tidak akan membahas lagi mengenai BlogDesk, tetapi akan sedikit mengulas mengenai Qumana. (duh, kenapa berputar-putar sih??)

Qumana dapat diunduh melalui situs resminya di Qumana Software, Inc. silakan cari sendiri halaman yang menyediakan link unduhan, karena saya lupa mencatat linknya.ukuran file Installer hanya sebesar 9,62 MB,  lebih besar daripada BlogDesk yang hanya berukuran 3,82 MB.

setelah instalasi selesai, akan muncul sebuah kotak dialog untuk memasukkan informasi mengenai blog anda, dari alamat blog hingga nama pengguna dan sandi. kemudian akan muncul halaman baru yang berjudul "Qumana Blog Manager" menampilkan artikel yang telah anda kirimkan pada blog anda. sayangnya, hanya beberapa artikel yang muncul (10 artikel) dan artikel tersebut terputus karena terdapat "read more" sehingga tidak dapat ditampilkan secara utuh.

untuk dapat menulis artikel baru, anda dapat menekan tombol new post yang berwarna orange atau file-new post atau Ctrl+N. atau, jika ada sebuah "droppad" (bentuknya bundar, berwarna dominan orange dan hitam, dan pada bagian tengah berbentuk huruf Q berwarna hitam dan bertuliskan droppad) anda dapat melakukan doubleclick pada pad tersebut.

halaman baru akan muncul yang akan berjudul "Nama Blog anda : Judul Artikel". Nama blog dan judul artikel sesuai dengan nama blog anda dan judul artikel yang anda tulis. tampilan standar WYSIWYG, dengan tombol berwarna orange, hijau dan biru sesuai dengan fungsi masing-masing. tombol berwarna tersebut cukup membuat saya tertarik dan terlihat sebagai icon yang penting untuk memposting artikel.

salah satu tombol ada yang berfungsi memasukkan Ad (iklan) ke dalam blog. saya belum tahu fungsinya seperti apa, tapi untuk dapat menggunakannya, perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu di AdGenta, dan menggunakan satu kata atau frasa untuk mendeskripsikan postingan anda.

Hal yang kurang bagi saya adalah fasilitas insert image. berbeda dengan BlogDesk dan Live Writer, Qumana tidak menyediakan fasilitas edit image lebih lanjut. fasilitas yang disediakan hanya sebatas mengatur wrapping style, ukuran, teks alternatif, judul gambar, dan garis tepi gambar. sementara pada BlogDesk dan Live Writer menyediakan fasilitas untuk edit image, sehingga gambar lebih eyecatching. selain itu, tidak terdapat tombol "read more" untuk meringkas artikel menjadi dua halaman. hal tersebut  terjadi pada BlogDesk yang juga tidak menyediakan tombol read more.

jangan lupa, jika tidak ingin ada footnote yang bertuliskan "Powered by Qumana", anda dapat menghilangkannya sebelum mem-publish artikel anda.

kesimpulan saya adalah sebagai berikut

  1. Editor ini cukup bagus dengan adanyaBlog Manager sehingga bisa mengatur artikel, adanya droppad sehingga bisa langsung membuat artikel dengan sekali klik (semacam quicklaunch), beberapa icon yang cukup menarik, dan Insert Ad yang sepertinya menjanjikan.
  2. Kurang sesuai untuk saya, karena fasilitas edit image kurang lengkap (malas edit image dengan external image editor seperti Photoshop, Coreldraw, etc), dan tidak ada tombol readmore.
  3. Not bad, as desktop Blogging Tool

Powered by Qumana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s