Veni, Vidi, Vici, Versi Kini

Selamat atas kelahiran buah hati dari Vivi Sylvia Rupi (alumni ‘90) yang diberi nama Vini, Vina dan Voni…

Baru saja selesai membaca email dari Ikatan alumni SMA 3 Malang, saya teringat akan sebuah semboyan terkenal yang diucapkan oleh Julius Caesar, seorang tokoh dunia yang terkenal hingga saat ini. Vini, Vidi, Vici, yang berarti “Saya Datang, Saya Lihat, Saya Menang”.

Pada jamannya (47 BC), semboyan ini disampaikan saat julius caesar melaporkan kemenangannya atas Pharnaces II of Pontus pada perang Zela di Zile, kota Tokat di jaman Turki. Caesar melaporkan kemenangan telaknya kepada senat saat itu yang menganggap hina dari militer Caesar yang terdiri dari masyarakat kelas bawah.

arti dari Vini, VIdi, Vici tentunya sudah kita ketahui, yaitu “saya datang, saya lihat, saya menang”. mungkin yang dilakukan caesar adalah dia datang ke suatu tempat, lalu melihat ada peluang untuk menang, dan akhirnya dia menyatakan kalo dirinya menang.

kalimat tersebut tentunya mengandung suatu keinginan dan perwujudan dari keinginan serta pembuktian dari keinginan yang terwujud tersebut. dari kedatangan, berlanjut kepada bayangan akan kemenangan, dan akhirnya benar-benar menang, sesuai dengan tujuan dan pandangan yang diinginkan.

bagaimana dengan jaman sekarang, dimana teknologi sudah sangat berkembang? sesuaikah kalimat yang diucapkan oleh julius caesar tersebut??

—–bersambung (karena yang mau bahas jadi bingung —–

One response to “Veni, Vidi, Vici, Versi Kini

  1. lanjutkan…..

    jangan suka gantung cerita gt tho…

    Lanjutkan,,,

Leave a Reply

