Monthly Archives: September 2009

Mozilla Firefox dan Space yang Berkurang

sudah berbulan-bulan lamanya saya sedikit curiga dengan space kosong yang ada di drive C. sudah dibersihkan dengan berbagai macam tool untuk mengecek temporary files, check disk, bahkan defragment disk (siapa tau, windows salah baca karena acak2an dianggap menuh2in tempat. wakakakka), tetapi tetap saja drive C saya masih terlihat penuh. saya curiga dengan beberapa software yang saya install, termasuk dengan folder XAMPP tempat saya menyimpan permainan web saya (baca : instalasi joomla, php, dll).

klik kanan dan view properties, saya melihat masih cukup normal, yaitu hanya sebesar 800 Mb. kenapa normal? karena dulu di dekstop saya, pernah hingga mencapai 1,3 Gb. (isinya apa aja tuh??) saya lihat di program files tempat program-program saya ngendon, sepertinya juga baik-baik saja. saya anggap wajar space yang dimakan software yang saya instal tersebut.

tinggal satu folder yang belum sempat dicek. “documents and Settings”. dan hingga beberapa waktu lalu saya masih menganggap mungkin sedikit besar karena berisi dokumen-dokumen saya yang tertinggal belum sempat dpindah. saya tidak menghiraukan file-file yang diciptakan program2 terinstal kecuali temporary file punya firefox yang selalu saya tengok.

dan hari jumat kemarin pun terlewati dengan keterkejutan yang luar biasa sangat! (duh,, hiperbola banget)

apa yang saya dapatkan begitu mengecek properties dari folder “documents and settings” ? saya akhirnya mengetahui bahwa lebih dari 4 giga byte dimakan oleh yang namanya folder document and setting. dan setelah melalui pengecekan dengan menggunakan tune up utility 2009, diketahui bahwa folder yang memiliki ukuran terbesar adalah mozilla firefox dibawah application settings. wadalah!!!

ini screenshotnya..

documents-setting

bayangin gan!! sebuah program browserku menghabiskan space hingga 3,5 GB!! pantes selama ini kok hampir low disk space. ternyata itu penyebabnya. dan bila dilihat lebih lanjut lagi,, maka inilah yang akan terlihat.

screensut

ratusan file aneh yang dibuat oleh firefox. SQLITE?? masing – masing sebesar 11.000 KB lebih. oh my God!!

ah,, sudahlah.. semua udah kuhapus, dan hilang sudah ide untuk melanjutkan postingan ini. mau buka bersama!!

SELAMAT BERBUKA PUASA!!!

Konsumen itu Raja Tau!

sebenarnya sih saya tidak ingin menulis sebuah cerita pendek. tetapi entah karena sedikit emosi(onal) saya memberanikan diri untuk menulis ini. entah ini benar, salah, keliru, lurus, ato bodoh, yang penting saya sudah menyampaikan apa yang menjadi hak saya. (bebas berpendapat syalala).

malam ini, abis terawih saya menyempatkan diri untuk ke warnet sebentar. biasa, tiba-tiba terpikirkan suatu ide tolol setolol-tololnya yang baca dan nulis blog ini (apa sih?). saya terpikirkan suatu rencana untuk memanfaatkan rencana di esok sore. rencana apa sih? rahasia donk. ntar ada pihak yang mencuri rencana saya, dan akhirnya saya yang ditangkap karena merupakan pemilik ide tersebut. lha, sebahaya itukah?? hahaha,, tuh, sudah mulai ngaconya.

balik lagi mau nulis yang tadi…

masuk ke warnet, warnet ini udah antri. tidak ada pemandangan yang menyenangkan dari tergeletaknya koran2 diatas meja. ‘koran hari ini, belum sempat baca nih, lumayan dapat info baru’ pikir saya saat itu. sebenarnya saya jarang baca koran. kecuali ada koran di depan tubuh saya, pasti saya baca. entah itu lama, baru, atau malah sekedar bungkus buku tulis dari toko. ada tiga orang yang antri, berarti saya orang yang ke empat. cukup lama menunggu. tapi, lantaran ada koran, jadi ya tak terasa lamanya.

satu persatu pengantri mendapatkan jatah komputer. tinggal saya yang beberapa menit sebelum kepergian saya menuju bilik datang beberapa orang wanita. saya kira tujuannya sama dengan saya. ngenet! (tentu saja dodol, masak mw pergi sama kamu???)

dan tibalah giliran saya untuk berpindah ke komputer yang kosong. pada saat itu, ada 3 orang perempuan (sekarang saya sebut perempuan, karena terlihat masih anak2. paling nggak, terlihat aku yang paling tua. syalalalla..) yang menunggu giliran untuk membayar. ada 3 tempat yang ditinggalkan, yaitu nomer 5, 8, dan 15. masing-masing dari komputer (seharusnya bilik)  memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. untuk bilik nomer kecil (kurang dari 11), layar komputer masih menggunakan CRT 17″. hari gini warnet masih CRT? gpp, yang penting kecepatan akses internet cukup bagus dan mumpuni. sedangkan sisanya adalah bilik dengan layar LCD (berapa inch ya?).

dan bagaimana dengan saya? seperti yang (mungkin) sudah anda tebak, saya memperoleh bilik dengan nomer kecil. sedikit kecewa karena tidak bisa mendapatkan bilik dengan nomer besar. ini lantaran operator yang sedikit menyebalkan memaksa saya mengambil nomer kecil. tidak memaksa sih, tapi sedikit terlihat memaksa dan akhirnya juga terpaksa.

sial banget. bahkan untuk ngetik aja susah!!

Apa yang Kau Dapat Hanya Dengan 500KB?

anda pengguna 3 (three)? pastilah tidak asing lagi bahwa 3 (three) memberikan bonus cuma-cuma pelanggannya akses internet sebanyak 500KB hingga 1MB untuk setiap isi pulsa. entah kapan program (promo) ini dimulai, tapi yang jelas, dan sangat jelas bahwa program ini belum berakhir hingga saat ini. bahkan, sejauh yang saya ketahui, program-program 3 (three) yang cukup (atau bahkan sangat) menarik belum juga berakhir. tengok saja kemampuan SMS anda yang semakin meningkat pesat semenjak anda menggunakan 3 (three). pastilah anda sering berkirim pesan ke semua teman anda tanpa takut kehabisan pulsa. ya, sms gratis dari 3 (three) masih berlangsung hingga saat ini. bahkan ‘teman’ saya masih bisa telp murah setiap paginya. (hohohoho…)

terus, apa hubungan antara judul dengan isi postingan saya?

kembali lagi ke paragraf awal kalimat kedua. 3 (three) masih memberikan bonus akses internet sebesar 500KB ke nomer 3 (three) saya. saya sendiri pun sebenarnya agak kaget, lantaran masih mendapat sms bahwa saya masih mempunyai bonus itu setelah isi ulang 10K. maklumlah, selama KKN (lihat postingan sebelum ini), saya ‘sedikit’ berpisah dari 3 (three). tidak ada sinyal 3 (three) sih didaerah saya.

lalu, apa yang didapat dengan bonus itu?

sejatinya, bonus yang diberikan 3 (three) tidaklah berarti bagi saya (yang notabene adalah seorang bandwidth eater di kampus). tapi, sangatlah berarti bagi saya yang tidak ada koneksi internet di kostnya. sebenarnya sih ada sinyal wifi yang ikut nyasar ke kost saya, tapi lha ndadak langganan je, males. jadi ya nggak pernah bisa konek internet kecuali dengan modem hape sakti ini.

lha, emang 500kb cukup buat apa aja?

bagi saya, yang kerjaan internet di kampus kurang jelas, 500KB untuk konek internet di kost sudah cukup. cukup untuk memposting kurang lebih 3 buah artikel (yang lagi-lagi nggak penting) di blog dengan menggunakan Windows Live Writer, cukup untuk mengecek 2 buah account email berbeda, dan cukup untuk mengomentari status yang nangkring sementara di “home” Facebook saya. bahkan, jika waktu mempergunakan bonus ini tepat, saya bisa berlanjut untuk chatting berlama-lama dengan kerabat atau teman.

ah,, bagaimana caranya?

ya, belajar donk.. udah bisa akses internet dan nyasar numpang baca di blog gajebo ini kok ga tau caranya?? hahhaha,,,

 

yup, bagaimana dengan anda? apa yang anda dapat lakukan dengan 500KB?

Saya Kembali!!!

akhirnya, setelah sekian lama disibukkan oleh segala sesuatu hal yang nggak jelas, saya bisa menjejakkan kaki di Windows Live Writer tercinta, tempat saya mencurahkan segala omong kosong saya.

hahaha…

tidak dipungkiri, sudah berbulan-bulan lamanya saya meninggalkan blog ini (terutama Live Writer ini) tanpa pemberitahuan yang jelas, kemana penumpang yang selama ini mengisi blog ini. oke, tidak usah bertele-tele lagi saya akan menjelaskan kemana saya turun dari blog ini.

(saatnya potong kuku,, ga enak kalo ngetik dengan kuku panjang..)

Spoiler for alasan:
2 bulan lalu, tepatnya tanggal 2 juli hingga 31 agustus saya KKN. sebelumnya, sekitar 2 bulan lampau, udah mulai menjalani penelitian dari dosen.. ah,, manusia sok sibuk… wakakkaa…

sudah ah,, terlalu banyak alasan jadinya nggak baik. nanti saya dikira tukang “ngeles”. (bukan tukang ngelesi pelajaran.. hahhaha…)

dan seperti biasa, blog cumanumpang ini akan berisi cerita yang paling tidak bermutu di dunia.

selamat bengong dan marah-marah.