Mozilla Firefox dan Space yang Berkurang

sudah berbulan-bulan lamanya saya sedikit curiga dengan space kosong yang ada di drive C. sudah dibersihkan dengan berbagai macam tool untuk mengecek temporary files, check disk, bahkan defragment disk (siapa tau, windows salah baca karena acak2an dianggap menuh2in tempat. wakakakka), tetapi tetap saja drive C saya masih terlihat penuh. saya curiga dengan beberapa software yang saya install, termasuk dengan folder XAMPP tempat saya menyimpan permainan web saya (baca : instalasi joomla, php, dll).

klik kanan dan view properties, saya melihat masih cukup normal, yaitu hanya sebesar 800 Mb. kenapa normal? karena dulu di dekstop saya, pernah hingga mencapai 1,3 Gb. (isinya apa aja tuh??) saya lihat di program files tempat program-program saya ngendon, sepertinya juga baik-baik saja. saya anggap wajar space yang dimakan software yang saya instal tersebut.

tinggal satu folder yang belum sempat dicek. “documents and Settings”. dan hingga beberapa waktu lalu saya masih menganggap mungkin sedikit besar karena berisi dokumen-dokumen saya yang tertinggal belum sempat dpindah. saya tidak menghiraukan file-file yang diciptakan program2 terinstal kecuali temporary file punya firefox yang selalu saya tengok.

dan hari jumat kemarin pun terlewati dengan keterkejutan yang luar biasa sangat! (duh,, hiperbola banget)

apa yang saya dapatkan begitu mengecek properties dari folder “documents and settings” ? saya akhirnya mengetahui bahwa lebih dari 4 giga byte dimakan oleh yang namanya folder document and setting. dan setelah melalui pengecekan dengan menggunakan tune up utility 2009, diketahui bahwa folder yang memiliki ukuran terbesar adalah mozilla firefox dibawah application settings. wadalah!!!

ini screenshotnya..

documents-setting

bayangin gan!! sebuah program browserku menghabiskan space hingga 3,5 GB!! pantes selama ini kok hampir low disk space. ternyata itu penyebabnya. dan bila dilihat lebih lanjut lagi,, maka inilah yang akan terlihat.

screensut

ratusan file aneh yang dibuat oleh firefox. SQLITE?? masing – masing sebesar 11.000 KB lebih. oh my God!!

ah,, sudahlah.. semua udah kuhapus, dan hilang sudah ide untuk melanjutkan postingan ini. mau buka bersama!!

SELAMAT BERBUKA PUASA!!!

Leave a Reply

