Mengembalikan Fungsi Firefox Address Bar Search

berawal dari malasnya buka google.com, seringkali saya hanya mengetikkan kata kunci pada address bar di firefox untuk mencari apa yang saya inginkan. ini lebih cepat daripada harus membuka google, atau melalui bar yang ada di samping address bar. karena saya hanya membutuhkan menekan alt+d untuk menuju ke arah address bar, dan mengetikkan kata kunci apa yang saya cari. dan hasilnya akan mengarah ke google langsung, sama ketika kita mencari dengan membuka situs google.com

tapi, akhir-akhir ini, saya sedikit mengalami masalah, ketika address bar tidak mau mencari kata kunci yang saya masukkan. muncul sebuah notifikasi bahwa itu bukanlah url yang valid untuk dibuka. ujung-ujungnya, saya harus menekan tab lagi untuk berpindah ke bar di samping address bar. how annoying.. akhirnya, seringkali saya menggunakan chrome dari google untuk mempercepat pencarian. lumayan cepat menurut saya.

beberapa hari saya malas untuk memperbaiki, hingga timbul waktu kejenuhan saya untuk bersabar menggunakan chrome dan membiarkan firefox tetep tidak berjalan dengan baik. akhirnya, ditemukanlah solusi untuk memperbaiki kerusakan pada address bar milik firefox.

ketik about:config pada address bar di firefox, akan muncul peringatan bahwa anda akan memodifikasi firefox. abaikan saja, dan lanjutkan (dengan kata lain, anda tinggal klik saya berjanji akan berhati-hati). lalu, pada filter, cari keyword.url. maka anda akan melihat preference name dari keyword.url. dobel klik, dan masukkan http://www.google.com/search?ie=UTF-8&oe=UTF-8&sourceid=navclient&gfns=1&q= pada kotak string. tekan ok, dan tutup about:config.

sekarang, jalankan firefox seperti biasa, dan cobalah untuk mencari kata kunci dengan menggunakan address bar. sudah bisa to??

Leave a Reply

