Utak-atik Jack (namanya apa ya?)

sudah beberapa bulan charger laptop saya tidak berfungsi dengan baik. ini karena jack (bener ga ya?) ujung output adaptor (charger) laptop sudah mulai menunjukkan ketuaannya alias sudah mulai uzur. kenapa begitu? entahlah. saya kira karena kurang perhatian dari saya (seperti cara melipat dan menyimpan charger oleh saya yang kurang baik dan benar, atau mungkin karena ketidaksengajaan sesuatu hingga menggoreskan luka pada output charger saya).

akhirnya, pada hari selasa (19/01/10) kemarin, saya memberanikan diri untuk mengeksekusi mati charger saya dengan memotong ujung vital charger. yep, setelah saya kesal dengan kematian secara tiba-tiba disaat saya sedang khusyuk-masyuk mengerjakan sesuatu dengan laptop tercinta, dan tidak ada tanda-tanda bahwa laptop saya bisa hidup lagi setelah saya goyang-goyangkan kabel charger dengan mengucap mantra yang tidak saya ketahui artinya. “Dhel!!” terputuslah ujung charger, dan saya pun pasrah untuk menyiapkan uang 200 ribu untuk membeli charger baru. “fyuh,,,”, keluh saya kepada diri saya sendiri.

tapi, terbesitlah sebuah ide gila untuk menguliti dan memperbaiki jack yang telah terpenggal tersebut hanya dengan berbekal peralatan sederhana. Jadi inget film film MacGyver nih. Dan inilah peralatan lengkap yang saya gunakan untuk menguliti.

DSC00046 

entah, itu gunting siapa, pokoknya ada di kamar kost, dan saya pake.. hehhee..

DSC00045

Cutter diatas milik Mas Dian, tetangga Kamar kost. orang yang rapi, tidak seperti saya yang berantakan abis..

DSC00043

selotip yang juga ada di kost.. kyknya milik KM deh,, hahaha..

DSC00044

benang jahit. hahaha, entah kenapa saya menggunakan benang jahit. memperkuat

solder

solder, (gambarnya didapat dari internet, lupa memfotonya..). aku kira solder itu bahasa jawa ato indonesia. ternyata bahasa Inggris.. hahaha…

solderroll

Solderroll. disini disebut dengan Tenol, di malang (terutama di rumah) disebut dengan timah. buat nyolder…

dan tentu saja tak lupa korban hasil pengulitan dan pemenggalan :

DSC00048

(keterangan, bagian luar udah disambung dengan benang. saat itu belum kepikiran untuk solded, jadi ya begitulah.. disambung, dan diikat dengan benang)

dan setelah berusaha keras, bagaimana menyambung bagian yang sangat pendek?? akhirnya kepikiran untuk meminjam peralatan elektronik milik mas dian. saya pun mendapatkan solder. tapi sayang, tidak ada tenol yang tersedia. ublek-ublek kost untuk mencari peralatan elektronik rusak pun sia-sia. akhirnya saya memutuskan untuk membeli tenol. (padahal pagi itu saya belum mandi dan sarapan). dengan berbekal uang 10 ribu, sepeda motor, dan pakaian seadanya (lengkap sih, cuma pake celana pendek doank), saya muter-muter cari toko elektronik. untung sudah ada toko yang buka.

dengan pengalaman pada saat SMP (bayangkan, berapa tahun lalu tuh?) ikut pelajaran elektro, akhirnya saya sukses memperbaiki charger yang telah saya penggal sebelumnya, dengan menggunakan solder dan digulung dengan benang. hahahha…

dan, selesailah pekerjaan saya. ini hasilnya :

100_5599

meskipun jelek, yang penting bisa dipake.. wahahhaaa…

3 responses to “Utak-atik Jack (namanya apa ya?)

  1. terus,.. kerusakannya dibagian apanya tuh,… diperjelas!

  2. AndreVega89

    Bang, bermanfaat nihh, tunjukin bagian2 dlm kabel nya apa aja donk.. Mau “mak dhell” charger ku jg nihhh..😀

Leave a Reply

