Here we go, Apple iPad

ipad-2up-top setelah sepagian tadi heboh di twitter tentang iPad, saya hanya tersenyum simpel sembari tetap mengikuti tweet orang-orang. saya pun tidak mau ketinggalan dengan ikut memposting tweet yang berbunyi “teman saya yang udah punya iPad adalah MaRetha Primariayu.. gmn reth?? dijual ga iPadnya?? :p” hahaha.. ah, sudahlah. kali ini saya akan membahas iPad yang sudah saya pegang.

bulan lalu, setelah beredar rumor dan berbagai spekulasi dan sempat dimunculkan di detikinet mengenai kapan ipad masuk indonesia, akhirnya hari kamis (28/01/10) kemarin, iPad resmi diliris resmi oleh CEO Apple, Steve Jobs.

Overview

dalam berbagai kesempatan, Steve Jobs berbicara banyak mengenai pembuatan device baru yang akan mengisi kekosongan antara pasar smartphone dan laptop. dia mencela netbook untuk “tidak menjadi lebih baik dari apapun”. dia ingin sesuatu yang lebih baik dari laptop untuk browsing internet, dan dapat memainkan games, films, video youtube dan lain sebagainya.

dan jawaban dari kekosongan itu –paling tidak bagi apple- adalah iPad, yang merupakan iPod touch/iPhone versi raksasa, dengan screen 9,7 inchi, 64 GB memory, dan kemampuan untuk menjalankan semua aplikasi iPhone dari App store. Dapat juga berhubungan dengan PC atau Mac via USB, memainkan HD video, dan beperan sebagai ebook reader dan lain sebagainnya.

sebelumnya, beberapa pengamat memprediksikan bahwa harga iPad berkisar antara $800 dolar hingga $1000 dolar. tapi, dalam peluncuran iPad disampaikan bahwa harga iPad termurah adalah $499. sebagai perbandingan, Kindle DX (semacam wirelles reading device, ada di amazon.com sana) dengan screen yang sama hanya seharga $489, sedikit lebih murah $10 dari iPad.


Spesifikasi

inilah spesifikasi iPad:

– screen : 9,7 inchi IPS LCD screen. LCD ini akan menyediakan backlighting, tapi teknologi utamanya adalah IPS atau In-Plane switching. ini akan memberikan viewing kuat dari setiap sudut pandang daripada screen biasa.

– resolusi : 1024 x 768 pixels (132 pixels per inchi)

– Dimensi : 9,5 x 7,5 x 0,5 (inchi)

– Berat : 1,5 pounds (0,6804 kg)

– chip : 1 GHz Apple A4 chip. 

– Memory : ada tiga model, 16 GB, 32 GB, dan 64 GB solid states drive

– Fitur tambahan : Accelerometer, microphone, 30-pin connector, Compass, full capacitive multi-touch, Bluetooth 2.1, 802.11n Wi-Fi, 3G access (untuk model yang lebih tinggi)

– Battery Life : 10 Jam untuk penggunaan penuh. lebih dari satu bulan jika standby.

 ipadspecs10hoursmultitouch

 

 

 

 

 

 

Interface

ipad-3g

Pengguna iPhone mungkin akan lebih familiar. faktanya, iPad merupakan versi kustom dari iPhone 3.2 OS.

Aplikasi utama diletakkan di bawah, ayunkan ke kanan dan kiri melalui home screen untuk mencari apps. Steve Jobs menyampaikan bahwa akan mudah bagi orang untuk terbiasa dengan interface iPad, karena banyak orang (sekitar 7,5 juta orang) memiliki iPhone atau iPod touch.

Terdapat SDK baru untuk mengembangkan apps khusus untuk iPad, tapi semua iPhone apps dapat dijalankan di iPad. semuanya hampir mirip iPhone, hanya saja sama seperti yang telah saya sampaikan, iPad merupakan versi raksasa dari iPhone. keyboard lebih besar, sehingga pengetikan lebih effisien menggunakan jari, atau dengan 10 jari.

sama seperti iPhone, iPad dibekali dengan Safari Mobile sebagai browsernya. dan sama seperti iPhone lagi, browser ini tidak mendukung Adobe Flash, dan plugin yang tidak dapat berjalan di Apple. hmm,, what a pity. dan benar saja, email, Google Maps juga dapat dijalankan di iPad, sama seperti iPhone. salah satu app yang memberikan fitur baru adalah Photo app, yang interfacenya mirip dengan iPhoto dan beberapa multi-touch baru yang mengijinkan untuk melihat dan mengatur banyak gambar.

Konektivitas

berdasarkan konektivitasnya, iPad muncul dalam 2 model. kedua model sama-sama memiliki Wi-Fi. hanya saja, model yang lebih bagus dilengkapi dengan akses 3G (tambah $130 atau lebih). sayangnya, model ini (3G model) masih bekerja sama “hanya dengan” AT&T yang merupakan partner resmi peluncuran iPad. untunglah jika seandainya disini ada AT&T, kita tidak perlu teken kontrak jika berlangganan 3G. cukup bayar bulanan, yang bisa dibatalkan kapan saja. sekitar bulan juni-juli, iPad akan dapat digunakan diberbagai negara yang tidak terhubung dengan AT&T.

Dari Ebooks sampai Video

Apple punya bookstore sendiri, iBook, yang diluncurkan pada saat event iPad dan merupakan aplikasi native dari iPad, iPhone, dan iPod Touch yang mengijinkan pengguna untuk browse, download dan membaca e-book. saat peluncuran kemarin, baru 5 penerbit yang telah mempublikasikan diri dalam iBooks : Penguin, Simon and Schuster, HarperCollins, Macmillian and Hachette dan McGraww-Hill.

display untuk video crisp dan sharp, dan ditampilkan dalam display yang jernih pada saat memutar beberapa film. interface video sama seperti interface video pada iPhone.

ipad-moviesitunes ibooks_20100127

terdapat juga interface store-like iTunes  untuk browsing video, chapter film, dan membeli konten video. sayangnya, device ini bukan device widescreen karena masih banyak space hitam pada bagian atas dan bawah pada saat menonton film dalam mode widescreen.

Game dan Produktivitas

ingin bermain game dalam iPad? jangan kuatir, EA dan game developer lainnya akan mengembangkan beberapa game keren untuk iPad ini. beberapa game yang telah dicoba dimainkan dalam iPad antara ian Need for Speed Shift dan N.O.V.A. dalam Need for Speed, pengemudi mengendalikan mobil dengan cara memutar-mutar tablet. hampir sama saat menyetir mobil beneran mungkin. untuk fungsi lain tinggal menekan layar sentuh bawaan dari iPad.

ipad-iwork      nfsipad

untuk produktivitas, Apple membenamkan iWork yang didesain khusus untuk device bertouch screen. beberapa dokumen seperti dari excell, word, dan powerpoint dapat dibuka di iWork. jadi masih dapat mengerjakan pekerjaan rumah dengan iPad.apple-tablet-keynote_180

Harga?

ini adalah daftar harga iPad, berdasarkan kapasitas memory dan konektivitas.

– $499: 16 GB, Wi-Fi only 
– $599: 32 GB, Wi-Fi only
– $629: 16 GB, Wi-Fi and 3G
– $699: 64 GB, Wi-Fi only
– $729: 32 GB, Wi-Fi and 3G
– $829: 64 GB, Wi-Fi and 3G

dapat dilihat bahwa paling palig murah adalah $499 yang hanya memiliki 16GB dan Wi-Fi. dan paling mahal adalah $829 yang dibenamkan dengan 64 Gb, Wi-Fi, dan 3G.

dan Kekurangannya…

tidak ada Kamera. bahkan kamera 1,3 megapixels pun tidak akan dijumpai dalam iPad. tidak akan bisa video conference, ambil gambar pribadi. Padahal hampir sebagain besar netbook dan smartphone memiliki kamera.

– tidak bisa multitasking. tidak akan pernah bisa menjalankan 2 app bersamaan dalam satu waktu. bahkan mungkin tidak akan bisa update twitter sembari menonton film.

– tidak ada HDMI Output. ini akan menyebabkan iPad tidak bisa dicolokkan ke TV.

– tidak ada USB port. what?? hubungan dengan komputer lain atau perangkat lain hanya bisa menggunakan kabel yang sama untuk menghubungkan iPhone atau iPod touch dengan komputer.

tidak bisa Flash. streaming video menggunakan flash bukan?? tidak ada flash berarti anda tidak bisa menikmati beberapa konten penting di internet.

– Hanya Apps saja yang bisa. iPad hanya bisa menjalankan apps dari App Store. sayangnya App Store terkenal buruk karena melarang beberapa aplikasi seperti Google Voice. Padahal netbook lain dapat menginstal aplikasi apa saja yang diinginkan pengguna (meskipun netbook tidak touch screen)

– Big Bezel. liat saja bagian hitam yang mengelilingi layar. besar bukan?

 

17614_540 17614_540

ini adalah perbandingan iPad dengan batu..

Bagi yang sudah punya iPad, jangan kuatir,, anda akan dapat menikmatinya setelah anda resmi memilikinya.. ^_^v

bonus : tanggapan hitler tentang iPad :

2 responses to “Here we go, Apple iPad

  1. maretha udah punya iPad udah lama…
    malah sebelum ada iPhone dia udah punya iPad…
    hahahahaha…

  2. Generasi iPad 3G sudah masuk ke Indonesia yang sempat dibeli oleh customer saya di Amrik, simcard berukuran micro sehingga SIM Card yang ada harus di modifikasi ukurannya, hal ini akan membantu para pemakai iPad karena tidak semua lokasi terjangkau oleh WIFI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s